Konfigurasi Point To Point : Setting Radio UBNT Sebagai Access Point

Hello kawan-kawan
Sekarang saya akan share tutorial konfigurasi pointing menggunakan radio UBNT atau yang biasa kita lihat di atas-atas tower untuk memancarkan atau menerima sinyal. Nah untuk konfigurasi pertama ini kita akan konfigurasi yang bagian access point dahulu karena untuk mengkonfigurasi menjadi station itu harus menunggu bagian access point sudah jadi, untuk bagian station bisa dilihat dipostingan saya selanjutnya. yuk sekarang kita belajar setting menjadi access point.

A. Pengertian

Setting radio UBNT sebagai access point yang dimaksud adalah kita akan membuat radio UBNT tersebut menjadi pemancar sinyal yang nantinya akan ditangkap oleh station.

B. Latar Belakang

Karena apabila kita ingin menghubungkan antar jaringan yang jauh maka kita membutuhkan sebuah media transmisi. Media transmisi ada 2 yaitu menggunakan kabel dan tanpa kabel. Untuk jarak yang jauh akan sangat sulit jika kita menggunakan kabel maka dari itu kita menggunakan radio UBNT ini sebagai media transmisi tanpa kabel.

C. Tujuan

Mengetahui bagaimana setting radio UBNT menjadi access point atau pemancar sinyal.

D. Alat Dan Bahan

1. Radio UBNT
2. 2 kabel UTP
3. 1 komputer atau laptop

E. Waktu Pelaksanaan

Sekitar 7-10 menit.

F. Pelaksanaan

1. Pertama kita hubungkan dahulu radio UBNT ke komputer atau laptop kita, untuk ip default dari UBNT ini adalah 192.168.1.20 maka kita setting ip di laptop atau komputer kita menjadi satu jaringan dengan ubnt ini, jika sudah buka di browser dan ketikkan ip dari ubnt ini untuk masuk ke konfigurasi, tampilan awal login sepert dibawah ini. Untuk username dan password default adalah ubnt : ubnt
Masukkan username : ubnt dan password : ubnt
Setelah login anda akan dimasukkan ke halaman awal.


2. Sekarang kita pilih pada tab system kemudian pada device name beri informasi identitas untuk radio ubnt tersebut. Pada bagian Time Zone kita pilih sesuai wilayah lalu beri centang pada Startup Date dan di sebelah kanan kolom pada Startup Date yang bawah kita klik lalu sesuaikan tanggal. Kemudian klik change lalu apply. Perlu diketahui setiap kita selesai melakukan konfigurasi dan kita klik change maka radio ubnt otomatis akan merestart.

3. Sekarang kita masuk ke tab Network. Kita akan ubah ip address dari radio ubnt ini yang semula 192.168.1.20 kita ubah menjadi 192.168.1.21 agar nantinya tidak sama dengan radio ubnt station. kemudian klik change lalu apply.



4. Selanjutnya kita ke tab wireless.
Wireless Mode : Pilih Access Point
SSID : Isi sesuai keinginan anda
Country code : ini terserah mau diisi apa saja tetapi nanti radio ubnt station harus sama dengan country code access point, dalam kasus ini kita pilih Indonesia saja.
Frequenzy, MHz : akan ada beberapa pilih isi terserah anda.
Frequenzy list, MHz : klik edit lalu pilih sesuai frequenzy yang diatas ( Frequenzy, MHz )
Lalu sekarang kita akan menambahkan security 
Secutiry : Pilih WPA2-AES
WPA Authentification : PSK
WPA Presharedkey : sesuai keinginan anda 
Sekarang klik change lalu apply

5. Kemudian klik pada tab MAIN, akan muncul informasi radio ubnt kita yang telah disetting menjadi access point untuk memancarkan sinyal.


NOTE : Jika gambarnya tidak kelihatan di zoom saja.

G. Hasil

Kita dapat mensetting radio ubnt menjadi access point untuk memancarkan sinyal.

H. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Ubiquiti_Networks

Previous
Next Post »